Lamhot Sinaga Wujudkan Listrik Masuk Dusun Jotihan Desa Aek Nabara Kecanatan Simangumban Taput

Masyarakat Desa Aek Nabara, Dusun Jotihan Kecamatan Simangumban Tapanuli Utara, Selasa (19/12//2023), bersukacita atas kedatangan anggota DPR RI Lamhot Sinaga.

topmetro.news – Masyarakat Desa Aek Nabara, Dusun Jotihan Kecamatan Simangumban Tapanuli Utara, Selasa (19/12//2023), bersukacita atas kedatangan anggota DPR RI Lamhot Sinaga.

Terlebih dengan berita yang sangat ditunggu-tunggu selama 30 tahun, yaitu masuknya listrik ke Dusun Jotihan itu.

Pemuka masyarakat M Sihombing menyampaikan terima kasih atas kedatangan Lamhot Sinaga. Serta bersukacita karena kabel listrik sudah dipasang ke Dusun Jotihan. Disebutkan, sudah mereka menunggu listrik 30 tahun lebih.
.
“Pengajuan dan permohonan sudah silih berganti kami ajukan. Sampai kami bosan dan berpasrah diri,” sebut Sihombing dan mengakui, tak satupun usulan itu yang berhasil walauupun Bupati Tapanuli Utara silih berganti.

“Terima kasi Pak Lamhot, karena membawa berita baik ini,” sebutnya.

Peran Lamhot Sinaga

Sementara itu, Edwin Simatupang (ULP PLN Tarutung) menjelaskan, memang per Juli tahun 2023 ada pengajuan permohonan pemasangan tiang listrik ke Dusun Jotihan Desa Aek Nabara dengan pengusung 10 KK.

“Namun kita tidak tindaklanjuti karena investasi yang harus dikeluarkan oleh PLN tidak sebanding dengan jumlah pelanggan baru yang mengajukan,” sebutnya.

Ia menambahkan, pada Bulan November, kembali PLN Tarutung menerima surat permohonan pemasangan listrik masuk desa dengan dukungan Oki Ohara Sibarani (staf ahli DPR) dan Lamhot Sinaga (anggota DPR Fraksi Partai Golkar). Namun dengan pertimbangan atas kebutuhan masyarakat yang mendesak dan atas usulan Oki Ohara Sibarani sebagai staf ahli DPR yang melihat dan mendengar langsung aspirasi masyarakat ini.

“Maka atas doa masyarakat dan dukungan anggota DPR RI Lamhot Sinaga, UP3 PLN Sibolga memerintahkan ULP PLN Tarutung untuk memasang (memasukkan) listrik ke Dusun Jotihan Desa Aek Nabara Kecamatan Simangumban ini,” sebut Edwin Simatupang.

Langsung

Edwin Simatupang menyebutkan pemasangan tiang listrik langsung mulai 20 Desember. “Masyarakat harus berterimakasih kepada Oki Ohara Sibarani dan Bapak Lamhot Sinaga, anggota DPR RI yang sudah memberi dukungan dan komunikasi ke pimpinan kami. Sehingga pemasangan listrik masuk ke dusun Jotihan ini akhirnya bisa terealisasi,” jelas Edwin Simatupang.

Prihatin

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Ir Lamhot Sinaga merasa prihatin saat salah seorang warga yang menyalaminya mengaku, merasa belum merdeka karena ke dusun mereka belum masuk listrik.

“Tanggal 13 November lalu saya melihat ada surat pengajuan masyarakat. Tapi baru tanggal 25 November saya terima surat secara langsung. Melihat isi surat itu dan mendengar cerita Oki Ohara Sibarani, staf ahli saya di DPR, saya berpendapat, listrik harus segera masuk Dusun Jotihan Desa Aek Nabara ini,” katanya.

Lamhot Sinaga menguraikan, ia langsung berkomunikasi dengan PLN Pusat. “Awalnya mereka berjanji memasukkan ke Program LinDes (Listrik Desa) tahun 2024. Namun saya meminta jangan sampai menunggu tahun 2024. Saya meminta akhir tahun 2023 dan pihak PLN akhirnya setuju. Terima kadih PLN,” kata Lamhot Sinaga.

Penjelasan Lamhot pun dapat sambut tepuk tangan meriah dari warga sembari mengatakan, “Hidup Lamhot Sinaga, Hidup Lamhot Sinaga.”

“Itulah gunanya masyarakat memiliki wakil rakyat yang suka menyerap aspirasi dan mau turun ke kampung-kampung. Karena saya menyerap aspirasi, akhirnya saya tahu bahwa masih ada dusun yang sama sekali tak dialiri listrik,” lanjutnya.

Ia berharap PLN bisa lebih cepat mengerjakan pemasangan ini dan minta kerjasama dari warga untuk membantu kelancaran pemasangan.

Lamhot Sinaga juga berharap warga Dusun Jotihan Desa Aek Nabara bisa bersukacita dengan pemasangan listrik ini. Masyarakat semakin produktif dan dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Rp500.000/KK

Sebagai dukungan, Lamhot Sinaga menambahkan biaya pemasangan listrik ini ditanggung Oki Ohara Sibarani. Jumlahnya Rp500.000 per KK. PLN menetapkan biaya pemasangan listrik per pelanggan sebesar Rp1.100.000. Dengan bantuan Oki Ohara Sibarani sebesar Rp500 ribu, maka beban untuk warga tinggal Rp600 ribu.

Secara khusus, tokoh masyarakat, kaum ibu, tokoh pemuda setempat, secara bergantian mengucapkan terimakasih kepada Lamhot Sinaga, Oki Ohara Sibarani, dan PLN. Masyarakat juga mendoakan agar Lamhot Sinaga, Oki Ohara Sibarani, dan PLN semakin sukses di kemudian hari.

reporter | Jansen Simanjutak

Related posts

Leave a Comment